Sabtu, 23 April 2016

DESA WISATA SIMBARWARINGIN


Simbarwaringin Trimurjo Lamteng,
Bila anda ingin mencari suwasana yang merindukan. Kiranya fenomena inilah yang belakangan ikut diangkat dijadikan ide tentang potensi wisata baru, yaitu desa wisata di Lampung Tengah.!

Mungkin sebagian dari anda yang pernah singgah, ataupun mungkin hari ini telah merencanakan kembali ke tempat asal lagi pada liburan yang akan datang, namun sebagian lagi mungkin juga pernah melewati desa kami Trimurjo, atau desa-desa di Lampung Tengah.. atau bahkan pernah singgah di Simbarwaringin,...disana akan melihat suasana beda dengan suguhan-suguhan wisata yang ditawarkan.

Tepatnya ide itu muncul dari swasana Desa Simbarwaringin Trimurjo Lampung Tengah itu sendiri yang memiliki potensi untuk menjadi destinasi wisata desa, jadi bukan hanya  ada daerah-daerah Bali dan Lombok ataupun Yogyakarta saja. 

Desa-desa di Lampung Tengah seperti salah satunya Trimurjo dikatakan layak sebagai destinasi wisata karena memiliki tiga komponen utama yang saling berkaitan. Komponen tersebut terkait daya tarik atraksi, paket wisata dan juga fasilitas.

Tepatnya di daerah Desa Simbarwaringin Trimurjo akan menjadi potensi destinasi khusus. Artinya bukan destinasi wisata untuk semua kalangan masyarakat seperti objek wisata modern, melainkan lebih pada jenis wisata nostalgia dan edukasi yang rata-rata menyasar pada kelompok masyarakat dari perkotaan dan anak-anak. Sebagai wisata nostalgia karena sebagian besar pangsa pasarnya adalah mereka yang dulunya adalah masyarakat desa yang sekarang terjebak dalam kehidupan kota. Bagi mereka, melihat dan merasakan kembali suasana kehidupan desa adalah hal yang kembali menjadikan hidup menjadi lebih segar dan lebih natural. Mereka akan lebih memilih, memandang hamparan sawah luas dengan berbagai tanaman dari padi ,jagung,  melon, pepaya,alpukat, semangka, ketimun, kopi, coklat, lada,.. pepohonan rambutan hingga durian..atau nikmatnya swara gemericik air bendungan-bendungan air irigasi. .gazebo..hingga terasa beda nikmatnya sensasi berbelanja di pasar tradisional.....hingga menikmati...pepohonan bambu dengan khas aroma dan kesejukan, menyengatnya bau sapi atau bau amis kolam ikan, terasa alami disaat bangun pagi tercium aromaterapi dan parfum wewangian. Atau mereka juga akan lebih memilih suara katak dan jangkrik, tonggeret, dengan angin persawahan dari pada suara musik di objek wisata modern. Ataupun swara burung walet bersahutan  yang menjadi khas di desa ini sawah-sawah dengan bangunan pembiakan burung walet.

Tentang anak-anak perkotaan yang selalu hidup dalam tembok rumah-sekolah dan juga tembok virtual internet-game. Apakah menurut anda sekali waktu mereka membutuhkan untuk mandi di sungai, memancing / menjaring di sungai, mencari makan untuk ternak, menggembalakannya dan memberikan makanan langsung pada ternak, menikmati segarnya udara dingin di pagi hari bak di pegunungan, bahkan anda akan bergembira mencari belut hingga bermain  layang-layang diantara berbagai bentuk memedi sawah di area persawahan. ataupun anda ingin menyaksikan sensasi matahari terbit ataupun saat tenggelam diantara bukit dan persawahan, seperti apa yang tergambar lukisan anak-anak. Atau anda ingin mencicipi masakan khas pindang baung yang mak nyuz itu di arena pemancingan. Oh ya yang biasa lari pagi tersedia juga arena joging trek  juga bagi yang senang bersepeda santai melalui jalan tanggul - tanggul di samping irigasi dengan pemandangan yang exotic. Dan muasih banyak lagi yang ditawarkan oleh alam.


Desa wisata adalah sebuah kebutuhan bagi masyarakat modern perkotaan. Potensi historis serta edukasinya bagi sebagian orang jauh lebih bermakna untuk mengisi waktu liburan daripada hingar-bingar objek wisata perkotaan. " Desa wisata , Natural Dalam Kejujuran ".

#desa #simbarwaringin #trimurjo #lamteng
#komitra #lamteng #dua #desa #wisata #natural #menarik #exotic #wisata
#koperasi #mitra #bhakti #nusantara #komitra #komitra #komitra #komitra #komitra
#koperasi #mitra #bhakti #nusantara #koperasi #mitra #bhakti #nusantara
#simbarwaringin #trimurjo #lampung #tengah
#trimurjo #trimurjo #trimurjo #lampung #tengah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar